1. Apa yang dimaksud dengan :
a.
Barang
b.
Harga
c.
Promosi
d.
Distribusi
a. Barang
Barang
didefinisikan sebagai suatu produk fisik (berwujud, tangible) yang dapat
diberikan pada seorang pembeli dan melibatkan perpindahan kepemilikan dari
penjual ke pelanggan.
Barang juga
merupakan apapun yang bisa ditawarkan ke sebuah pasar dan bisa memuaskan sebuah
keinginan atau kebutuhan.
b. Harga
Harga merupakan
salah satu bagian yang sangat penting dalam pemasaran suatu produk karena harga
adalah satu dari empat bauran pemasaran / marketing mix (4P = product, price,
place, promotion / produk, harga, distribusi, promosi). Harga adalah suatu
nilai tukar dari produk barang maupun jasa yang dinyatakan dalam satuan
moneter.
c. Promosi
Promosi yaitu
kegiatan-kegiatan yang mengkomunikasikan (menginformasikan) manfaat produk yang
ditawarkan dan yang mempersuasi para pelanggan untuk membelinya, yaitu
pengiklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, publisitas.
d.Distribusi
Distribusi adalah salah satu aspek
dari pemasran.Distribusi juga dapat diartikan sebagai kegiatan pemasaran yang
berusaha memperlancar dan mempermudah penyampaian barang dan jasa dari produsen
kepada konsumen, sehingga penggunaannya sesuai dengan yang diperlukan (jenis,
jumlah, harga, tempat, dan saat dibutuhkan). Seorang atau sebuah perusahaan
distributor adalah perantara yang menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer)
ke pengecer (retailer). Setelah suatu produk dihasilkan oleh pabrik,
produk tersebut dikirimkan (dan biasanya juga sekaligus dijual) ke suatu
distributor. Distributor tersebut kemudian menjual produk tersebut ke pengecer
atau pelanggan.
2.
Jelaskan menurut saudara mengapa
harga juga dapat memberikan dorongan bagi produsen untuk membuat suatu produk,
dan bagaimana pula pengaruh harga bagi konsumen dalam menetapkan pembeliannya ?
Karena, dari
suatu harga merupakan komponen yang berpengaruh terhadap laba perusahaan dalam
artian merupakan pendapatan. Penetapan harga telah memiliki fungsi yang sangat
luas di dalam program pemasaran. Harga berfungsi pada suatu barang tersebut. Dimana
harga yg tinggi harus memiliki kuliatas yg setara pada produk yg dihasilkan.
Jadi produsen perlu menggunakan pendekatan harga yang strategis agar dapat
dapat mendukung pula tujuan bisnis secara keseluruhan.
Sementara, dalam
keputusan pembelian bagi konsumen adalah mengharapkan kualitas dan performa
sesuatu produk atau jasa, harga dan biaya yang tidak terlalu mahal dalam artian
sepadan dengan kualitas produk, keuntungan sosial sebagai hasil dari pembelian
tersebut. Kegiatan
keputusan pembelian meliputi: pilihan akan produk, merek, pemasok, penentuan
saat pembelian, jumlah pembelian. Dalam hal ini konsumen dapat memenuhi
kebutuhan keinginan nya dan memuaskan diri nya.
3.
Apa yg dimaksud dengan :
a. Pasar
b.Berikan contoh suatu perusahaan yg menggunakan orientasi
pasar ? dan apa manfaat nya untuk jangka panjang ?
a.Pasar adalah suatu
tempat di mana para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk melakukan jual beli
barang. Penjual menawarkan barang dagangannya dengan harap dapat laku terjual
dan memperoleh uang sebagai gantinya. Disana penjual dan pembeli akan melakukan
tawar – menawar harga hingga terjadi kesepakatan harga. Setelah kesepakatan
harga dapat dilakukan, barang akan berpindah dari tangan penjual ke tangan
pembeli. Pembeli akan menerima barang dan penjual akan menerima uang.
b.Yaitu :
Perusahaan Toyota, karena di
dalam memasarkan produknya selalu melihat segmentasi pasar, kemudian mereka
memproduksi barang disesuaikan dengan segmentasi pasar tersebut, sehingga
manfaat bagi produsen dalam jangka panjang yaitu mereka dapat memperoleh pangsa
pasar yang cukup besar. Contohnya adalah adanya Toyota avanza,
Toyota kijang innova, dan Toyota Alphard, ketiganya adalah family car akan
tetapi memilki segmentasi yang berbeda-beda.
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar